Boros? Inilah 6 Tips Jitu Rajin Menabung!


image source: finchannel.com


Sebagai anak muda tentu kita masih punya banyak wish-list dan impian yang ingin diraih, bukan? Kita pun sadar bahwa nggak semua hal bisa didapatkan dengan free, alias membutuhkan uang. Nah, untuk afford itu semua tentunya kita harus berusaha, salah satunya dengan menerapkan kebiasaan menabung.

Dengan menabung, kita akan punya investasi di masa depan, setidaknya untuk pengeluaran yang nggak terduga. But, we also know that saving money doesn’t always go as smooth as what we want, pasti ada saja waktu di mana kita lengah atau merasa berat ketika menabung. So, untuk membantu kita dalam menyisihkan uang, ada beberapa tips yang bisa banget kita ikutin. Take a note, ya!


  • SIMPAN UANG BERNOMINAL TERTENTU
Supaya lebih terorganisir dan nggak terasa terlalu berat, tentukan nominal uang yang kamu inginkan untuk disisihkan, misalnya 20000 atau 10000. So, kalo kita dapet kembalian atau punya uang dengan nominal tersebut segera sisihkan dan tabung, nggak perlu pikirkan nominal uang yang lainnya. Lakukan ini secara rutin dan disiplin, you will see how much you’ve been collecting so far, dan nggak akan berasa berat, lho!


  • SAVE THE COINS!
Walaupun nominalnya nggak sebesar uang lembaran, kalo kita telaten mengumpulkannya, uang koin bakal ngebantu kita banget, lho dalam menabung. Coba mulai dari sekarang, jika punya kembalian receh atau menemukan uang koin terselip jangan disepelekan.  Kamu bisa membuat piggy bank lucu buatan sendiri supaya lebih bersemangat menabung dan mulailah kumpulkan koin-koinmu.


  • BATASI PENGELUARAN YANG UNNECESSARY 
Know what you need! Nggak segala sesuatu harus didapat dengan pengeluaran. Kita harus bisa pintar memilah mana hal yang emang worth it. Pangkas pengeluaran yang bisa dipangkas. Salah satu kebiasaan orang banyak adalah membeli air mineral ketika berpergian, nah, for this case kita bisa kan membawa bekal minum dari rumah. Tanpa disadari hal kecil seperti ini membantu kita banget dalam berhemat.


  • NEMU “HARTA KARUN” ? SIMPAN!
Harta karun yang dimaksud di sini bukan uang yang kita temui di jalan atau di tempat umum, lho! Kalo kasusnya seperti itu, tentu kita harus mengembalikan pada pemiliknya. Terus harta karun apa, sih, maksudnya?

Nah, kita pasti pernah ‘kan tiba-tiba nemu uang yang tanpa kita sadari selama ini nyelip di kamar kita, di kantung celana, di kantung baju, atau di tas kita? Yep, kalo kejadian seperti ini, we should save the money! Anggaplah ini sebagai tambahan tabungan atau…ya, seperti harta karun! Or, if you really can’t hold yourself to spend it, sisakan sebagiannya untuk ditabung. At least, tabunganmu bisa bertambah and you can still have fun with it!


  • CATAT!
Kebiasaan yang satu ini emang sering banget kita lupain dan anggap sepele, padahal mencatat pengeluaran itu penting, lho! Dengan mencatat keuangan kita, pemasukan maupun pengeluaran, kita bisa tahu dengan rinci berapa uang yang kita transaksikan selama periode itu. We can also know, pengeluaran apa yang ternyata bisa membuat kita boros, jadi kita bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan uang for the next time. 


  • HAVE A TARGET!
Tentukan target menabungmu setiap minggu atau setiap bulan, misalnya 50000 per minggu atau 500000 per bulan. To make it easier, perhitungkan dulu kira-kira berapa pengeluaran dan pemasukanmu dalam sebulan atau seminggu sehingga lebih yakin dalam menyisihkannya. Jika takut terlalu memberatkan, nggak perlu memaksakan diri langsung menargetkan dalam jumlah yang besar, mulailah secara bertahap sehingga lama-lama kita akan semakin terbiasa. Remember, be consistent!




Tulisan saya ini sudah dimuat di GoGirl! dengan judul berbeda. Berikut link-nya:




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Secercah Kisah di Balik Gerobak Jus Buah Pak Karim